Sabtu, 15 Mei 2010

Virtual Reality

VIRTUAL REALITY

A. DEFINISI VIRTUAL REALITY

1. Virtual reality yaitu teknologi yang memungkinkan seseorang melakukan suatu simulasiterhadap suatu objek nyata dengan menggunakan komputer yang mampu membangkitkan suasana tiga dimensi (3D) sehingga membuat pemakai seolah-olah terlibat secara fisik.

2. Virtual reality (VR) atau realitas maya adalah teknologi yang membuat pengguna dapat berinteraksi dengan suatu lingkungan yang disimulasikan oleh komputer (computer-simulated environment), suatu lingkungan sebenarnya yang ditiru atau benar-benar suatu lingkungan yang hanya ada dalam imaginasi.

3. Virtual Reality (VR) adalah "lingkungan" tiruan yang diprogram lewat komputer/ software dan dirasakan oleh pengguna seolah-olah nyata. Untuk membuat perasaan ini, otak kita pengguna harus dimanipulasi lewat indera yang ada (penglihatan, pendengaran, pembau, perasa, (lidah) dan sentuhan), namun Virtual Reality biasanya direpresentasikan lewat penglihatan dan pendengaran menggunakan grafis dan suara, sehingga pengguna seolah berada di dunia baru.

Sekarang, istilah "virtual reality" mulai tergantikan oleh istilah "virtual envoronment" (VE) oleh para ahli komputer. Konsepnya tetap sama, yaitu mensimulasikan lingkungan 3-D yang bisa dijelajahi oleh pengguna seolah-olah benar-benar bisa dirasakan lewat indera.

B. SEJARAH VIRTUAL REALITY

Perkembang virtual reality di dunia ini baru sampai pada tahap dunia sebetulnya adalah suatu lingkungan yang ditirukan berbasis-komputer berniat untuk para pemakainya untuk tinggal ATAU menghuni dan saling berhubungan via avatars. Tempat tinggal ini yang pada umumnya diwakili dalam wujud dua atau three-dimensional penyajian humanoid grafis ( atau text-based atau grafis lain avatars). Beberapa, tetapi tidak semua, dunia sebetulnya mempertimbangkan berbagai kepada para pemakai.

Dunia menjadi computer-simulated secara khas nampak serupa kepada dunia nyata, dengan dunia nyata seperti gaya berat, topografi, daya penggerak, real-time tindakan, dan komunikasi. Komunikasi telah sampai baru-baru ini dalam wujud teks, tetapi sekarang real-time menyatakan komunikasi yang menggunakan VOIP ada tersedia. Dunia Sebetulnya jenis ini kini paling umum secara besar-besaran multiplayer game online ( Dunia Aktip, Citypixel, Vios). Kedua Life–Although bukan game, tetapi lebih seperti lingkungan sebetulnya yang dapat meliputi gaming–Entropia Alam semesta, Sims Online, Lampu merah Pusat, Kaneva, Weblo, terutama sekali secara besar-besaran multiplayer memainkan peranan game online seperti Everquest, Ultima Online, Garis keturunan, Dunia Warcraft, Runescape yang AdventureQuest atau Serikat sekerja.

Dunia sebetulnya yang paling awal bukanlah game tetapi simulator kenyataan sebetulnya umum. Dunia yang pertama memperkenalkan pada Internet adalah masyarakat dan bercakap-cakap ruang. Mereka mencoba untuk menciptakan satuan avatars untuk interaksi sebetulnya. Masyarakat dunia sebetulnya mengijinkan akses kepada lingkungan dan yang didukung menciptakan bangunan, seni, dan struktur ( dan banyak tidak meliputi avatars).

Beberapa awal prototyptes adalah Worldsaway, suatu prototipe masyarakat interaktip meliputi suatu dunia sebetulnya Compuserve, Dreamscape, Cityspace, suatu networking bidang pendidikan dan 3D komputer grafik merancang untuk anak-anak, dan Istana, suatu 2-dimensional masyarakat dunia sebetulnya. Bagaimanapun, kredit untuk dunia sebetulnya online yang pertama pada umumnya pergi ke Tempat kediaman, mengembangkan di (dalam) 1987 oleh Lucasfilm Game untuk Komodor 64 komputer, dan menjalankan pada Kuantum Mata rantai melayani (pendahuluan, tanda ke Amerika Online).

Di tahun 1996, kota besar Helsinki, Negara Finlandia dengan Helsinki Telepon Perusahaan ( karena Elisa Kelompok) yang diluncurkan apa hubung 3D lukisan yang sebetulnya online yang pertama berniat untuk memetakan suatu keseluruhan kota besar. Helsinki proyek Yang sebetulnya secepatnya dinamai kembali Helsinki Gelanggang 2000 proyek dan bagian-bagian dari kota besar di dalam konteks historis dan modern disumbangkan.

Konsep Virtual adalah Satu persepsi tentang dunia sebetulnya yang memerlukan suatu dunia gigih online, dan aktif 24 jam. Suatu hari dan tujuh hari per minggu, bagi yang mengkualifikasikan suatu dunia sebetulnya benar. Walaupun ini adalah mungkin dengan dunia sebetulnya lebih kecil, terutama yang itu tidaklah benar-benar online, tidak secara besar-besaran multiplayer game berlari sepanjang hari, tiap hari. Semua game yang online mendaftar di atas meliputi downtime untuk pemeliharaan tidak dimasukkan ketika waktu menyerahkan dunia yang sebetulnya itu. Selagi interaksi dengan peserta lain dilakukan dalam real-time, konsistensi waktu tidaklah selalu dirawat di dunia sebetulnya online. Sebagai contoh, Waktu EverQuest lewat lebih cepat dari real-time di samping menggunakan unit waktu dan penanggalan yang sama untuk menyajikan waktu game.

Sebab dunia sebetulnya adalah suatu yang samar-samar dan istilah inclusif, di atas kaleng yang biasanya dibagi sepanjang suatu spektrum berkisar.

C. Spesifikasi Standar (Perangkat yang dibutuhkan)

1. Headphone atau speaker;

2. Headset ;

3. Glove;

4. Walker

D. Variasi Data

a. Expensi

Ada dua komponen dalam perasaan "melebur" ini, yang disebut:

1. Depth of information, merupakan banyak dan kualitas data yang ditansfer demi menciptakan lingkungan VR, seperti resolusi, ketajaman gambar, dll

2. Breadth of information, yaitu seberapa besar indera pengguna dimanipulasi, yang biasanya terbatas pada penglihatan dan pendengaran. Namun saat ini sedang dikembangkan VR yang bisa memanipulasi indera sentuhan dan pembau.

b. Software

Virtual reality yang dikembangkan dengan menggunakan software Visual Basic 6 sebagai basis rekayasa, dapat diwujudkan sesuai dengan spesifikasi atau perencanaan awal pengembangan yang diinginkan. Sistem Operasi (Operating System)

Disamping itu Untuk membuat Pemodelan Virtual Reality Modeling Language (VRML) Dalam Mendukung Pemasaran Properti Secara OnLine diaplikasikan ke sebuah komputer dengan software pendukung. Software yang digunakan untuk menjalankan program ini yaitu:

1. Sistem operasi yang digunakan adalah Windows XP.

2. Perangkat Lunak Aplikasi Program aplikasi yang digunakan untuk mendukung Pemodelan VRML (Virtual Reality Seminar.

E. BIDANG PENGABLIKASIAN

Adapun aplikasi virtual reality yaitu antara lain :

1. Manufaktur

Pengujian rancangan, prototype semu, analisis ergonomik, simulasi semu dalam perakitan, produksi dan pemeliharaan.

2. Arsitektur

perancanganGedung

3. Militer

Pelatihan (Pilot, astronot, pengemudi), simulasi peperangan.

4. Kedokteran

Pelatihan pembedahan, terapi fisik

5. Penelitian / Pendidikan

Studi tentang topan, konfigurasi galaksi, pengujian matematika kompleks.

6. Hiburan

Museun virtual, permainan balap, simulasi pertempuran udara, taman virtual, simulasi ski, dan lain-lain.

Contoh aplikasi yang paling sering digunakan dalam dunia Virtual Reality di berbagai negara yaitu UC-Win/Road. UC-Win/Road menciptakan ruang 3D Virtual Reality Real-Time untuk kepentingan visualisasi objek dan hasil analisa tekn

Tidak ada komentar:

Posting Komentar